Labels

Buku (1) cerita (11) muhasabah (4) puisi (4) sahabat (2) Semangat (4) Silat (1)

Kamis, 01 Juli 2010

Muhammad by Martin Lings

Senang rasanya bisa menyelesaikan membaca sirah nabawi. Bisa mengenal Nabi Muhammad saw dengan lebih dekat dan jelas. Meskipun baru satu referensi yang chae baca, setidaknya cukup menggambarkan bagaimana sosok Nabi junjungan umat islam ini.

SubhannAllah bagaimana tidak Nabi Muhammad saw menjadi penutup para Nabi, membawa risalah Al-Qur’an, menyelesaikan tugasnya dengan sempurna sebagai pembawa agama Islam yang merupakan rahmat semesta alam, dan segala mukzizat yang beliau terima, semua itu karena beliau adalah manusia ISTIMEWA. Semua diceritakan disini, bagaimana beliau adalah sosok yang sangat mulia namun juga sangat sederhana. Sifat-sifatnya yang begitu sempurna, Suami yang baik, Ayah yang baik, Saudara yang baik, anak yang berbakti, Sahabat yang setia, Pemimpin yang dicintai, Nabi yang membawa pesan kebenaran, semua peran dimainkan dengan sempurna olehnya, hampir-hampir tak ada cacat.

Martin Lings melukiskan Nabi Muhammad dengan kata-kata yang sederhana namun memikat, sehingga mudah dicerna dan diingat. Chae sangat menyukai bab demi bab yang ia tuliskan, meskipun kadang sering kebingungan dengan nama-namanya yang sama namun berbeda orangnya. Makanya, kadang kala satu bab bisa dibaca 2 sampai 3 kali karena kurang mengerti siapa yang berperan. Mungkin ini karena factor ketidakkonsentrasian atau ketidaktelitian chae dalam membaca.

Martin Lings menggambarkan dengan adil sosok demi sosok yang ada di dalam bukunya. Meskipun Quraisy jahat namun dalam bukunya mereka jadi terlihat lebih manusiawi. Martin lings tidak membesar-besarkan Nabi, tetapi juga tidak mengurangi kebesarannya dan sifat manusianya. Ia juga tidak merendahkan sosok Quraisy dengan menggambarkan mereka sebagai manusia-manusia kejam yang selalu menjahati Nabi, semua digambarkan dengan sangat natural seperti halnya kehidupan normal.

Membaca Muhammad membuat chae seolah-olah berada pada zaman Nabi dan serasa melihat sendiri peristiwa demi peristiwa. Dan bila dirasakan sebenarnya apa yang terjadi pada zaman dahulu sepertinya tak jauh berbeda dengan sekarang, ataukah karena saat ini kita memang kembali ke zaman jahiliyah? Wallaualam dan Nauzubillah..

Yang chae rasakan ketika membaca tulisan Martin Lings, seakan-akan peristiwa yang Nabi alami tidak berada di dunia lain, melainkan memang di dunia ini, nyata dan benar adanya. Karena dulu, ketika chae hanya mendengarnya dari cerita-cerita orang atau dari buku-buku sirah cepean (copas kata2 BS), semuanya seolah berada di dunia lain, semua seperti dongeng anak-anak waktu tidur, tidak nyata dan seperti palsu. Namun, Setelah chae membaca sendiri semuanya secara lengkap dan jelas, semua terasa nyata dan pasti.


Sekarang chae semakin mengenal Nabi chae, Nabi yang membawa agama chae dan sosok sauritauladan chae. Nabi Muhammad saw yang kelak akan chae contoh sifat dan perilakunya, meskipun chae sadar itu semua sulit dan berat, tapi chae yakin dengan kemantapan hati dan ketenangan jiwa chae bisa menjadi pemimpin dunia yang mencontoh Nabi Muhammad. Dimulai dari diri sendiri yang gemar membaca Al-Qur’an dan hadist, buku referensi kepemimpinan, managemen dan sebagainya.

Chae bangga menjadi umat Islam dan untuk itu chae harus berprestasi, mengejar mimpi-mimpi dan mewujudkan cita-cita chae dijalan Allah.

Bissmillah, Kita Bisa…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger